Demi Ijasah

17.4.13


Cieee yang lagi galau gegara Ujian Nasionalnya diundur..

Eh..ga boleh ngeledekin adek-adek kecil yang unyu-unyu itu yaa??

Apa?? Dosa?? #duh

Iyaa deehh maapin kakak ya dek..kakak cungguh tidak cengaja kok..ciyuuss!!

Turut prihatin deh, buat gagalnya Sistem Pendidikan Indonesia adek-adek unyu yang ujiannya diundur sampai waktu yang..ah sudahlah..mudah-mudahan jadi ujian ya besok Kamis..

Aneh-aneh aja ya..masa iya Ujian Nasional diundur sih. Dan yang kena apesnya adalah siswa-siswi yang ada diluar Jawa. Kaaann keliatan kaann..kalau distribusinya ga merataa. Yah apapun alasannya..ga seharusnya kejadian ini ada sih.

Buat gue, sekolah tuh termasuk hal yang paling memusingkan sepanjang hidup gue. #iniciyus Kalo aja bisa pinter tanpa harus sekolah, gue mau banget deh. Rasa-rasanya motivasi gue sekolah bukan karena gue sadar bahwa gue butuh pengetahuan dan wawasan, tapi secara ga disadari motivasi gue sekolah adalah untuk selembar kertas yang disebut IJAB SAH IJASAH. Coba kalo gue ga diiming-imingi betapa pentingnya arti sebuah ijasah, mungkin gue milih belajar dari internet, baca buku atau apa aja deh yang bikin wawasan gue luas. Jujur aja, materi sekolah jaman gue SD sampai SMA yang keserap diotak gue paling cuma 35-45%..itu juga udah bagus lah yaa..trus selebihnya kemana?? Mungkin udah jadi lemak diperut gue..atau malah udah larut di jamb...... *koneksi internet down*.

Kalau kata guru gue dulu “Kalau belajar tuh jangan diapalin materinya..tapi dimengerti atau dilogika aja, yang penting intinya dapet..”.

HAHAHAHAHAHAHAHAOMONGKOSOOOONG...

Otak gue yang ala kadarnya ini ga bisa dipaksa buat kerja keras. Makanya gue demen banget waktu guru gue bilang gitu. Tapi apa kenyataannya?? #terFENNYROSE. Gue jarang ngapalin materi-materi sekolah yang seharusnya kudu diapalin, gue nyoba melogikakan dan menuangkannya sesuai bahasa gue selama intinya masih sama..eeeehh ternyata tetep aja yaa..jawaban ujian-ujian atau ulangan disalahin. Trus aku kudu piye, Twips??

Dan seinget gue, hampir semua materi sekolah gue jaman dulu kala, ga ada yang ga hafalan..yang artinyaa..memori otak gue kudu di apgret setiap kali gue mo ujian/ulangan dan gue kudu copot kepala dan kipasin otak gue sendiri tiap abis ujian/ulangan. It’s so nggrantes you know??

Dan parahnya, dari sekian banyak mata pelajaran jaman gue sekolah..cuma tiga item yang gue telen setiap hari di kantor gue..yaitu AKUNTANSI, BAHASA INDONESIA dan BAHASA INGGRIS. Trus materi yang laen kemana?? Jadiii..apa manfaat gue dijejali materi-materi yang segambreng itu?? Kenapa materinya ga dikerucutin aja pas sekolah SMP (misalnya), bisa aja kan malah bikin orang-orang Indonesia makin ahli di satu bidang aja?? Dan ga perlu juga kan kita ngapalin materi segitu banyak, toh gue juga sekarang udah lupa, materi yang pernah gue apalin jaman gue sekolah dulu. Ujung-ujungnya apa? Tanya Mbah Subur Google bukan?? Naahhh..kaann..kaannn..

Mbok iyaa..dikaji ulang kurikulum sekolah jaman sekarang. Suka kesian gue, liat materi sekolah keponakan-keponakan gue. Materi yang dulu gue dapet dikelas 4 SD, sekarang udah dikasih dikelas 2 SD. Anak sekolah makin dibebani dengan segala materi yang wajib buat dihafalin tapi ga diajarin buat bilang maaf, terimakasih dan permisi. Dan entahlah, ponakan gue masih disuruh ngapalin Pancasila atau ga. Bukankah itu lebih penting daripada sekedar menghafal materi-materi yang seharusnya ga perlu dihafal? *tanya sama rumput yang bergoyang*

-SEKIAN-


sumber gambar: http://harysukasuka.blogspot.com/2013/04/tips-gokil-un-atau-ujian-nasional-2013.html
Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.