Surganya Makanan Enak

13.11.11

Hidup untuk makan atau makan untuk hidup??

Gue termasuk golongan kaum yang mana ya??MySpace


Semenjak gue ngekos, gue jadi suka sama yang namanya kulineran. Nyicip sana-sini makanan yang nurut gue asing dilidah gue dan yang pasti menarik dilidah gue. Dan gue sekarang termasuk golongan Ma’ Ciprut (Manusia Cinta Perut).

Hohohoo..menyenangkan!!

Postingan gue kali ini mo bikin perut lo sedikit bergemuruh..bikin air liur lo sedikit netes..bikin keringet lo mengucur deras dan bikin idung lo ngembang kempis seiring detak jantung lo karna nahan laper MySpace



Pas gue ke Semarang beberapa minggu yang lalu, untuk kedua kalinya gue mampir ke salah satu pusat kuliner di Semarang, namanya Pasar Semawis, ada juga yang nyebut Waroeng Semawis.

Gue critain sejarahnya dikit deh..


Pasar Semawis adalah pasar malam di daerah pecinan Kota Semarang. Ide awal dibukanya pasar ini datengnya dari Perkumpulan Kopi Semawis (Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata). Pasar Semawis bermula dengan diadakannya Pasar Imlek Semawis di tahun 2004, menyusul diresmikannya Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia.

Foto pembukaan Pasar Imlek Semawis 2556 (Tahun 2005 Masehi)

Sayangnya Pasar Semawis ga buka setiap hari, Pasar Semawis cuma buka tiap hari Jumat-Minggu malam disepanjang jalan Gang Warung, Pecinan, Semarang. Pasar Semawis nyediain beraneka macem hidangan yang bisa lo pilih dan nikmati bersama keluarga mulai dari pisang plenet khas Semarang, nasi ayam, es puter, kue serabi, aneka Sate, bubur kacang hingga menu-menu steamboat yang menarik buat dicicipi. Pusat jajanan terpanjang di Semarang ini buka mulai jam 6 sore hingga tengah malam.

Suasana Pasar Semawis tahun 2005


Okeyy..sekarang gue mo review makanan yang gue makan waktu itu. Gue mesen 3 jenis makanan, Nasi Campur, Mie Tittee sama Sate “Nguik-nguik”. Sorry to say..makanan yang gue pilih termasuk makanan “ga halal” bagi yang menganutnya.

Nurut gue yang namanya Nasi Campur tuh simple banget, cuma nasi gurih dengan topping daging “nguik-nguik” panggang, telur rebus ditambah dengan semangkuk kecil entah apa namanya, gue nyebutnya Sayur Asin. Rasanya khas banget masakan Chinese. Seporsi harganya Rp.27.000, cukup bikin perut gue nyesek karna kekenyangan.MySpace


Makanan yang kedua, namanya Mie Tittee. Setau gue makanan ini cuma gue temuin di Semarang. Dan ini salah satu dari ratusan jenis makanan favorit gue. Komposisinya adalah mie kuning, dengan toping udang, daging “nguik-nguik”, sayur bayem dan tauge. Hmmm..segeerrrr..Semangkuk Mie Titte dihargai Rp.25.000. Mooyy banget deh rasanya *ngelap air liur*MySpace



Makanan yang ketiga adalah Sate “nguik-nguik”. Entah kenapa gue lebih suka sate “nguik-nguik” versi Chinese food Semarang dibanding sate yang dijual ditempat lain. Bumbu dan rasanya khas banget. Yang pasti bikin ketagihan. Seporsi sate dihargai Rp.15.000/5 tusuk. Yummy!!!

(Kiri ke kanan) Mie Titte, Nasi Campur, Sate "nguik-nguik"

Buat lo yang lagi di Semarang atau mo ke Semarang, jangan lupa mampir ke Pasar Semawis. Dijamin deh perut dan lidah lo terpuaskan oleh makanan-makanan enak.

Selamat menikmati..
MySpace

sumber: Wikipedia.org

0 comments:

Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.