Belajarlah Dari Semut

27.11.11

     


      Tiga hal yang bisa gue dan elo pelajarin dari tingkah laku semut..
cusss disimak..
     
    Team Work

Awalnya gue pikir mustahil, semut-semut ini bisa masukin sebatang keju itu kedalem rumahnya. Kalo gue yang masukin, gue yakin gue bisa. Tapi..see??semut-semut itu bisa masukin sebatang keju itu kedalem rumahnya. How come??yaahh..kayak yang lo liat sendiri..semut-semut itu saling ngebantu satu sama laen buat masukin sebatang keju itu biar bisa masuk kerumahnya. Intinya..ga ada yang ga mungkin kalo kita selesein masalah dalam team bareng-bareng. Gue yakin semut-semut itu satu visi..yapp..mereka  sama-sama nimbun makanan. Dan lo liat kan, ga ada acara saling ngejatuhin diantara mereka. Saling dorong antar kawan ga berlaku dikamus per-semut-an. So..belajarlah team work dari sekoloni semut.


2.     Be Wise

Semut termasuk empat binatang terkecil di bumi versi Alkitab (Amsal 30:24-28). Di Alkitab ga cuma dibilang sebagai binatang terkecil tapi binatang yang cekatan. Semut juga sebagai lambang suatu bangsa yang ga kuat tapi bijaksana, karna semut salah satu binatang yang menyediakan makanannya dimusim panas. Yaahhh..kalo bahasa manusia, gue bilang investasi lah..Semut tau kapan masa-masa sulit nyari makanan. Makanya mereka mengumpulkan makanan sebanyak-banyaknya untuk persediaan dimasa-masa sulit nyari makanan. So..jangan remehkan yang kecil, karna bisa jadi..yang kecil lebih bijak daripada diri lo sendiri. Waspadalah!!!


3.     Hard Worker

Gimana kalo semut-semut di video itu berenti nyoba masukkin keju ke rumahnya?? Gue yakin persediaan mereka berkurang atau mungkin malah mereka ga bakal punya persediaan makanan. Tapi engga kok!! Semut-semut itu dengan berbagai cara berusaha masukin sebatang keju itu kedalem rumahnya. Dengan sedikit susah payah memang tapi..yess!!! they did it!! Mereka berhasil melakukannya dengan baik. Terbukti kan, Si Semut tuh seekor hewan pekerja keras. Boleh banget donk kalo manusia berguru dari semut??

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia  menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.”
(Amsal 6:6-8)

0 comments:

Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.