(Kata orang) Pelit Pangkal Kaya

27.3.13


 
Beberapa waktu lalu, gue sempet nge-twit gini ”Orang miskin adalah orang yang punya duit tapi ga mau beli sesuatu dg duitnya sendiri,tapi lebih milih pake duit org lain/memanfaatkan "fasilitas". Dari lubuk hati yang paling dalam, gue mo bilang..gueeeeeee gedeeeeeeeg sama orang macem beginiiiiiiiii…..
 
Tiba-tiba keinget sama satu temen gue..ga cuma satu sih sebenernya, temen gue yang sejenis ini..BANYAK!!! Jaman kuliah dulu, dimana anak-anak seangkatannya masih naek motor, naek angkot bahkan jalan kaki..dia udah parlente naek mobil..gayanya selangit deh pokoknya, tapi giliran mo ngerokok dia pasang tampang memelas dan ngluarin kata andalan “bagii doonk..”. Hahahahaha..norak lo brooohh!! Kata itu berlaku ga cuma pas minta rokok, tapi juga pas minta cemilan atau benda-benda lain yang sebenernya dia sanggup beli tapi ga mau ngongkos.

Awalnya sih gue anggep itu hal biasa, tapi..tapi..tapi..gue rasa kok jadi makin sering yaa. Bahkan untuk sebutir permen aja dia lebih milih minta daripada ngluarin duit yang ga sampe milyaran buat beli permen. Sejak saat itu gue dan temen-temen yang lain mulai berani buat nolak permintaan dia..dan ga peduli kalo dia nge-judge kita PELIT.

Ada yang punya temen sejenis ini??

Entah apa yang melatarbelakangi orang bersikap macem gitu. Ada yang emang karna punya karakter pelit menahun, atau bisa jadi dia seorang penganut aliran “Pelit Pangkal Kaya” atau mungkin emang tuntutan jaman yang semakin sulit. Tuntutan jaman?? Bukannya ga cuma “orang pelit” itu yang ngalamin masa-masa sulit kayak sekarang ini? Apa jadinya kalo semua orang memegang paham “PELITISM”? Mungkin ga akan ada yayasan-yayasan sosial yang masih berdiri kokoh sampe sekarang.

Eittss..tunggu dulu..jangan dikira orang-orang yang rela berbagi hartanya buat yayasan-yayasan sosial tuh bisa dibilang ga pelit lhoo. Lagi-lagi, berkiblat dari pengalaman pribadi. Ada satu temen gue yang rajin banget berbagi dengan yayasan-yayasan sosial, tapi dia “pelit” di hal yang lain. Misalnya, berhubung sepersekian hartanya disumbangkan ke yayasan sosial, jadi biaya makan sehari-harinya berkurang, makanya temen gue milih untuk minta dibayarin makan sama temen kanan kirinya. Sekali dua kali sih oke laahh..nah kalo sering-sering?? maluuu cwiiinnn!!

Kasus lain lagi nih, ga jauh-jauh deh..bokap laki gue sendiri yang ngalamin. Bokap laki gue sering ditawarin buat beli mobil, jalan-jalan gratis, beli gadget atau beli barang-barang lainnya sama rekan kerjanya. Bokap laki gue, bisa aja terima semua tawaran itu kalo emang tujuannya mo menghemat duit atau mo nurutin hidup berpelit-pelit ria. Tapi sayangnya enggak, bokap laki gue cukup punya prinsip buat nolak setiap kenikmatan yang ditawarin didepan matanya. Mungkin orang-orang yang suka nerima kenikmatan macem itu, bakal bilang “bodo banget sih..dikasi fasilitas ga mau..kan lumayan ga kluar duit buat beli mobil..bla bla blaa..”. Beliau lebih milih pake mobil bobrok tapi beli dengan hasil keringat sendiri, daripada pake mobil mewah tapi pemberian orang. Nampak idealis sih yaa..tapi emang udah langka, karakter manusia kayak gini. Wajib dicontoh sama om-om pejabat nih..ihikkk..

Trus, yakin gitu, kalo udah pelit bakal cepet kaya?
Gue sih..ENGGAK!!

Kalo lo ga punya sesuatu untuk dibagi atau buat beli sesuatu, buat gue wajar kalo lo ga berbagi atau menahan diri buat beli sesuatu buat diri lo sendiri..dan itu ga masuk ke kriteria pelit. Tapi kalo lo punya sesuatu untuk dibagi atau lo punya dana buat beli sesuatu yang lo mau tapi lo ga mau kluarin duit lo sendiri buat menuhin kebutuhan lo dan milih minta atau manfaatin sekeliling lo..itu namanya TEEERR..LAAA..LUUU. Masa iya sih, buat diri sendiri aja lo pelit..gimana dengan orang lain?? Bertobatlah, Nak!!

Gue selalu inget banget pesen nyokap gue kalo gue lagi kumat pelitnya..ga bermaksud pelit sih sebenernya, tapi emang buat diri gue sendiri aja, minim banget waktu itu..gue dibacain ayat ini..macem dedemit aja gue, dibacain ayat-ayat, hahahaha..ampuuunn dijeeehh:

Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.
(Amsal 11:24)

Tuhan tuh ngasih berkat udah sesuai dengan porsinya kok..ga berlebih dan ga kurang juga, tinggal seberapa bijak kita ngatur keuangan kita. Mending dibanyakin berbagi daripada dibanyaki utang #eh #duh

Tenang aja berbagi ga bikin kita miskin kok..dan pelit juga ga bikin kita cepet kaya..jadi..berbagilah sesuai porsinya dan pelitlah pada tempatnya..ahahaha..MERDEKA!!!

- SEKIAN -
Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.