.. Jogja Istimewa .. #LiburanJogja1

5.1.12

“Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja..”


Jogja..
Kota yang super familiar buat gue. Kota kelahiran nenek gue, nyokap gue, kakak-kakak gue..tapi sayang bukan kota kelahiran gue. Yaahh..ga apa lah, paling engga masih ada darah Jogja yang ngalir ditubuh gue. Tinggal di Jogja merupakan salah satu impian gue. Kota yang
nurut gue cukup nyaman untuk ditinggali. Dengan segala macam tradisi yang masih melekat, Jogja mampu menarik minat wisatawan domestik dan manca Negara untuk tetap berkunjung. Bahkan gue sempet takjub waktu ngeliat Royal Wedding versi Jogja. Salah satu momen unik yang dimiliki oleh Kota Jogja. Anak-anak muda keraton yang hidup dijaman modern tapi masih punya hati dan kesadaran yang tinggi untuk tetep ngejalanin tradisinya..uhmmm..ngejaga tradisi lebih tepatnya. Tanpa rasa malu..tanpa rasa canggung untuk nunjukkin identitas kedaerahannya. Yapp..itulah kenapa Jogja (tetap) Istimewa..ga cuma istimewa buat Indonesia tapi juga buat gue..

Royal Wedding versi Jogja

Jaman gue masih kecil, gue sama sekali ga pernah menyadari kalo Jogja itu kaya banget akan obyek wisata. Dulu, yang gue tau cuma Malioboro, Gembira Loka dan Parangtritis. Yesss..itu doank yang gue tau. Tapi pas gue kuliah di Jogja, gue cuma bisa bengong ngeliat begitu kayanya Jogja akan obyek wisata. Gue nyebutnya, Kota Serba Ada. Lo mau cari gunung? Ada..Lo mau cari laut? Ada..Lo mau cari bangunan-bangunan kuno? Ada..atau lo mau cari sungai dan goa-goa? Waaah..ada bangeett.. Tapi sayang banget, ga semua orang tau betapa banyaknya obyek wisata yang disuguhkan Jogja buat para wisatawan. Bahkan masyarakat asli Jogja pun, kadang ga menyadari kekayaan obyek wisata di kota yang mereka tinggali (mungkin) selama bertahun-tahun.

Tamasya bareng temen-temen di Pantai Siung dan Pantai Indrayanti

Sekali waktu temen gue ngajakin gue ke salah satu pantai di Jogja. Sedikit percakapan kami..
Gue                : Ke pantai mana?
Temen gue    : Baron, Kukup, Krakal..
Gue                : Dimana tuh?
Temen gue    : Di Gunung Kidul
Gue                : oohh..yang sulit air itu?? Kok ada pantai sih?
                        *nada gue ngeremehin*
Temen gue   : udah ikut aja..dijamin lo minta kesana lagi..

Dan..bener yang temen gue bilang..gue ga pengen pulang ke Jogja (Kota). Pantai-pantai yang ga bisa gue temuin di kota asal gue. Suasana alamnya, gue suka banget. Aaahhh..ternyata masih ada suasana yang masih alami di dunia ini *pikir gue*.

Belakangan ini gue nemuin hobby baru. Uhmm..mungkin bukan baru sih..pada dasarnya gue emang demen jalan-jalan. Tapi bukan jalan-jalan ke mall yaa..catet..bukan ke mall. Gue suka banget suasana alam. Yaahh..salah satu cara gue buat ngagumin ciptaan Tuhan. Nah, kebetulan gue punya temen-temen deket dengan hobby yang sama, traveling kecil-kecilan. Ke Karimun Jawa..ke Gunung Bromo..ke Raja Ampat..pasti dooonk gue pengen banget. Tapi gue sama temen-temen gue, sedang men-schedule-kan buat meng-explore Jogja lebih dalem lagi. Ternyata masih banyak banget daerah-daerah wisata di Jogja yang belom gue kunjungi. Jangankan gue kunjungi, denger namanya pun belom pernah. Jembatan Gantung Selopamioro, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Wedi Ombo, Cave Tubing Goa Pindul ..aahh..gue mupeng banget kalo nyebutin tempat-tempat wisata di Jogja. Selama gue masih bernyawa, gue mo ubek-ubek Jogja sampe ke jantung-jantungnya.
Jalan-jalan meng-explore obyek wisata Jogja emang kadang butuh ngeluarin jiwa petualang kita. Lhah!! kenapa?? Ada beberapa obyek wisata yang saking masih aslinya, belom dikelola dengan baek, penunjuk/peta menuju lokasi misalnya. Kadang gue dan temen-temen cuma bermodal searching di internet (@LiburanJogja salah satunya) dan bertanya penduduk sekitar, kalo mo berkunjung di obyek wisata di Jogja. Beberapa obyek wisata, emang udah disediakan penunjuk tapi kadang, saking rimbunnya pepohonan di sekitar obyek wisata, penunjuk jalan seringkali ketutup oleh pepohonan. Itulah kenapa, gue bilang naluri petualangnya harus kita pake sebaek-baeknya. Fasilitas lain yang wajib diperhatikan, selain penunjuk jalan adalah toilet umum. Beberapa toilet di obyek wisata di Jogja ga layak pake, khususnya toilet wanita, baik kebersihan maupun kenyamanan saat menggunakannya (pintu rusak, air mati, dll). Yaahh..sebagai pecinta wisata alam Jogja, gue berharap pemerintah Jogja juga memperhatikan hal detail di setiap tempat wisata di Jogja.

Last but not least..gue berharap banget tulisan gue bisa menginspirasi banyak orang buat meng-explore obyek wisata di Jogja, khususnya wisata alamnya. Ga ada salahnya donk, gue promosiin diri gue buat lo pilih jadi pemenang. Dari tulisan gue pasti kebaca kok, betapa cintanya gue sama Kota ini..Ngayogjokarto Hadiningrat..kecintaan gue terhadap Jogja, cukup jadi alasan lo buat milih gue jadi pemenang.

Heii..Jogja..tetap jadi yang teristimewa buat gue dan seluruh masyarakat Indonesia yaa..

-SEKIAN -

11 comments:

Lupino noty mengatakan...

kamuh kamuhh,, ketularan akuhh yaa,, ngeBLUSUK..

Unknown mengatakan...

kita kan (m)blusukers :))

jadi kpn skejul blusukan kitaahh??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yacob mengatakan...

wah, seneng blusukan juga ya?

Unknown mengatakan...

lumayaaann..

mari blusukan bersama,hahaha..

Rusli.Afif mengatakan...

aaseekk..asssekk

makasi udah narok mukak sy disitu

(all; bukan nyang atas sndiri kok)

Unknown mengatakan...

hahaha..sah jadi artis km mas!!

Anonim mengatakan...

Cave Tubing-nya bagusan yang di Kalisuci lhoohh mbak.. ;)

Unknown mengatakan...

level lanjut ituuhh..ga bisa brenaaang *bisik2*

Danar 'Riu' Wirapratama mengatakan...

matiihhh kuwee...blaaikk..
aq mbok dijak blusukan thoo.. :(

Unknown mengatakan...

mblusuk ke hatimu?? #eeaaaa

Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.