Semarang Bergoyang – Edisi Kulineran (Part 3-End)

6.1.12



Setiap gue nyebutin asal gue dari Semarang, seringkali opini lawan bicara gue langsung nyebutin kosakata yang ga jauh-jauh dari makanan..lunpia lah, wingko babat lah, tahu bakso lah..hmmm *kringet dingin*

Ga  jauh beda donk sama tim hore-hore trip Semarang gue ini, ga bakalan nolak kalo diajakin manjain lidah dan perut dengan makanan-makanan khas Semarang. Suka kalap emang mereka kalo liat makanan *muka sinis*

Cusss disimak..ke-kalap-an kami dengan makanan-makanan ala Semarangan..


-3 Desember 2011-

Dapur Keju
Ngoceh tak terkira waktu suatu hari temen gue Si Tayux check-in foursquare disuatu tempat yang judulnya Dapur Keju *mata belok* *air liur plus ingus netes-netes*. Gue pecinta keju sodara-sodara!!!

Naaahhh..pas banget dooonk moment-nyaa..pas gue sama temen-temen gue berkunjung ke Semarang, pastinya gue langsung mengikat dan menyeret Si Tayux untuk segera merapat ke rumah gue dan nganterin gue beserta rombongan ke Dapur Keju *ngakak bengis*.

Hmm..homy banget tempatnya. Kalo datengnya siang bolong, dititik-titik tertentu agak berasa panas, karna AC-nya ga terdistribusi dengan baek. Kunjungan kami kali ini, agak kurang beruntung..karna makanannya banyak yang udah abis. Dan dengan sangat terpaksa kami makan makanan sisa..hahh?? makanan sisaa?? Uhmmm..bukan sisa makanan orang maksudnya..makan dengan menu yang seadanya. Tapi teteepp dooonk..disikat abis sama kami-kami *pukpuk perut*

Menu makan kami siang ini

Muka-muka kelaparan

Tindak keganasan kami
#pukpukperut time
Soto Kemiri

Okeeyy..mungkin kami emang belum beruntung di Dapur Keju, karna dapet menu makanan seadanya. Pas kunjungan kami ke Lawang Sewu, dengan segala daya dan upaya, akhirnya kami bisa masuk ke area Lawang Sewu yang notabene masih ada acara pameran kuliner dan multiproduk. Dengan sedikit berhujan-hujanan, kami menyusuri lapak demi lapak yang berjajar di area Lawang Sewu, sampai akhirnya kami saling dorong (sok-sok malu) saat kami berhenti di salah satu lapak makanan dan ditawari semangkok Soto Kemiri GRATIS..woooyy GRATIS woooyyy!! . Emang rejeki ga kemana *lempar payung ke atas ala sinetron**kibas-kibas rambut* #lebayseanterojagad


Warung Makan Adi’s
Malam pun menjelang. Kelamaan nunggu ujan reda, alhasil kami mati gaya di Lawang Sewu (notes: sampe diusir penjaga gedung, gara-gara foto ditempat terlarang). Makanan dari Dapur Keju dan Soto Kemiri udah larut gitu aja diperut kami..and you know dooonk, artinya apaaa..yess!!! kami mo beranjak cari makan lagi. Lagi-lagi gue request Si Tayux buat nganterin gue ke salah satu tempat makan inceran gue..namanya Warung Makan Adi’s. Gue sempet under’face’timate ngeliat tampilan warungnya yang super sederhana. Ternyata makanan yang disajiin, layaknya makanan hotel bintang tujuh *nenggak puyer obat sakit kepala*. Dengan presentasi makanan yang cantik, enak dan pastinya harga yang terjangkau. Recommended banget dah!!!

 
Haagen Dazs Ice Cream
Uhmmm..pastinya ini bukan makanan khas Semarang, tapi kali ini jadi menu andalan kami. Itupun karna salah satu tim hore-hore kami adalah salah satu karyawan di Haagen Dazs, jadi kami dapet diskon 50% (sering-sering ya, nak) #freepukpuk Dengan perjuangan yang cukup berat untuk melawan kemacetan Semarang di hari Sabtu malam, akhirnya kelelahan kami terbayar dengan seloyang Haagen Dazs Ice Cream seloyang?? Dua loyang kaliiii *ngemut dry ice*
         
       
-4 Desember 2011-

Walopun telat bangun, semangat jalan-jalan kami masih menggelora Bung Karno *hening*..apalagi semangat makan kami..tetap membabi buta *lirik kanan kiri* Dan inilah menu makan kami hari itu, memang tak seberingas kemarin, tapi level keberingasan kami cuma turun 0,78%. Mari disimak..

Soto Semarang Pak Man

Warung terdekat dari rumah gue, jadi segera meluncurlah kami ke tempat ini. Tak disangka dan tak diduga, ternyata udah rame banget. Kami pun segera mencari tempat dengan sedikit berebut, karna kami berbanyak jadi butuh space yang sedikit luas. 
Ga pake lama, makanan didepan kami akhirnya ludes juga. Perut udah terisi, jalan-jalan pun siap dilanjutkan. Hyuukk mariiii..


Tahu Gimbal, Mie Kopyok dan Es Penkuk

Naahh yang ini baru Semarangan banget. Ketiga makanan ini, diklaim sebagai makanan khas Semarang. Mungkin ada kemiripan dengan makanan-makanan di daerah laen, yang bikin beda cuma nama dan suasananya. Yang akan atau sedang berkunjung ke Semarang, jangan lupa menu yang satu ini.

 
Oleh-oleh khas Semarang: Lunpia, Banden Presto, Wingko Babat, Tahu Bakso dan Serabi Ambawara

Daaann..inilah akhir perjalanan kami di Semarang. Kami mengakhiri perjalanan kami di Semarang dengan ngeborong oleh-oleh..oleh-oleh khas Semarang donk pastinya.



Sebentar lagi kami harus kembali ke kota kami masing-masing..gue, Angga dan Ruli harus kembali ke Jogja..Mba Erna kembali ke Bekasi..

Di perjalanan pulang ke Jogja..gue, Angga da Ruli nglewatin jajaran penjual serabi di Ambarawa. Dan kami pun mampir sebentar, buat melepas lelah. 3M banget deh..Manis Murah Meriah..



Bye Semarang..sampe ketemu lagi..kali ini kota kelahiran gue terasa beda..bukan karna apa, tapi karna siapa..yaaa!! karna kalian temans..kalian lah yang membuat kota kelahiran gue terasa indah 2hari 2malam ini..

Luv u so much, Guys *ketjups basah*

-END-

3 comments:

Danar 'Riu' Wirapratama mengatakan...

kapan ke semarang lagi??
semoga KTP semarang blom ilang ya hhaha. ;p

Lupino noty mengatakan...

mukaku buletnya gak jauh beda dari kerupukzz,,yakkkk..

kotaa yangskarang menafkahimu aja belom kamu grepeh2 mbag,,hahhah

Unknown mengatakan...

@bebiih riu: ga ilang kok bebb..cm expired ajaaa :D

@anggoo: lhoh itu mukamu??kirain 22nya krupuk nggaa..

21-23 libur,kmn yukk kitaahh..mumpung selo :D

Blog contents © :: Sekotak Kisah Klasik :: 2010. Blogger Theme by Nymphont.